Menu sehat n’ enak untuk berbuka puasa

Menu sehat buka puasa sudah pasti wajib untuk kita yang mempunyai kewajiban menjalani ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Tidak perlu makanan mahal dan mewah, tapi cukup makanan sederhana tapi sehat. Santapan kaya karbohidrat sederhana yang terbuat dari tepung mungkin bisa segera memulihkan tenaga dan kesegaran tubuh. Nasi pasti menjadi pilihan utama, tapi tak ada salahnya juga roti pun bisa menjadi alternatif. Gula dan tepung merupakan bahan alami yang juga mempunyai nilai glikemik yang tinggi. Makanan berkarbohidrat merupakan makanan yang mudah diubah menjadi gula darah, karena hal tersebutlah banyak sekali yang menganjurkan ber buka puasa dengan santapan yang manis-manis. Seperti Kurma, teh manis, dan setelah itu dapat ditambahkan dengan bubur manis, talam manis, kue lapis ataupun cendol dan kudapan manis lainnya (tepung).

Tidak perlu berbuka puasa dengan yang berlebihan, itu akan bisa membuat kita menjadi terkejut pada sistem pencernaan kita dan akan membuat tidak nyaman pada sistem pencernaan kita. Hindari makanan yang bersuhu ekstrem, missal makanan atau minuman yang terlalu panas dan juga yang terlalu dingin. Standar saja jika tidak ingin perut anda kaget dan malah menimbulkan ketidaknyamanan ketika anda beribadah Shalat Tarawih.

Jangan biasakan berbuka puasa dengan menu makanan lengkap, dianjurkan sekali untuk acara makan malam lengkap pada saat kita selesai shalat Magrib atau sepulang dari shalat Tarawih. Biasakan makan secara terkontrol, baik jenis bahan maupun jumlahnya. Sudahkah sajian di piring Anda terdiri atas hidangan 4 sehat, yakni nasi, sayuran, dan lauk-pauk, dilengkapi buah segar? Lebih baik berhenti makan sebelum batas kenyang agar tubuh bisa menyerap zat gizi secara efektif.

Ada kebiasaan salah yang dulakukan sebagian orang, yaitu minum air es atau es yang dicampur ke dalam minuman sebelum menyantap makanan. Cara ini sangat merugikan karena es dapat menahan rasa lapar. Akibatnya, hidangan lain yang lebih bergizi bisa tidak disantap, sehingga mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan. Hindari minum es saat buka puasa.

Saat berbuka mulailah dengan minuman manis hangat dan makanan ringan yang mudah dicerna. Bisa teh manis, sirop, ditemani kurma, pisang goreng, atau pisang sale. Setelah kadar gula darah berangsur-angsur normal bisa dilakukan salat magrib.

Setengah jam kemudian barulah nikmati menu utama. Makanlah secukupnya. Dua jam kemudian, setelah salat tarawih, dapat menyantap hidangan yang masih ada.

About these ads

~ by cipacipu on August 4, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: